Buat yang Lagi Pacaran atau Yang Baru Mau Pacaran: Tiru Gaya Pacarannya Orang Jepang, Yuk!

Ditulisan kali ini, gw bakal ngebahas gaya pacarannya orang jepang. Yep, dijepang itu gaya pacarannya dari kenalan, pedekate, cara nembak, jadian, sampe mau janji sehidup semati (Ciyeelah) itu asik, unik, dan ga ngerugiin pasangan, cowo/cewe-nya. Beda sama di Indonesia, yang gaya pacarannya yang nyeleneh lah, dilebih-lebihin lah (baca: lebay), ngerugiin / nguntungin satu pihak, rewel minta anter-jemput – yaelah, ribet banget kan?

Nah, disini gw bakal jabarin gimana proses ngejalin hubungan orang jepang dari kenalan sampe mau nikah. Mungkin musti kita contoh juga nih, moga bermanfaat!

 

# Momen kokuhaku (Penembakan)

– Di Jepang, momen nembak cewe namanya Kokuhaku, biasanya sebelum menyatain cinta, si cowo bakal ngajak temen cewenya buat jalan rame-rame sama temen-temen lain. Nah waktu dalam perjalanan pulang dari jalan-jalan itulah, si cowo bakal nembak cewe yang dia suka.

– Kalo di Indonesia, biasanya kita para kaum cowo nembak pujaan hati tuh lewat pesan singkat atau SMS. Jujur, gw juga pernah nembak pake cara ini. Jatohnya sih cemen, masa ngungkapin perasaan pake sms? ga gentle, ye? Nah mulai sekarang coba deh biasain ngomong langsung sama dia tentang perasaan lo yang sebenernya. Jadi biar bisa jujur sama perasaan masing-masing.

 

# Ga bilang cinta, Cuma bilang suka

– Pasangan pacaran di Jepang gak pernah bilang Aishiteru (cinta) ke pasangannya. Mereka Cuma bilang Daisuki (suka banget) ke pasangannya. Soalnya, karna ungkapan aishiteru cuma diungkapin pria ke wanita kalo mereka udah memutuskan buat ngelanjutin hubungan ke jenjang pernikahan.

– Bedanya sama di Indonesia, baru pacaran aja udah ngomong CINTA. kalo buat yang ini sih gw belom pernah. emang sih kita pacaran didasarin sama yang namanya CINTA. Tapi CINTA-nya ini beda artinya kalo yang cuma mau pacaran dan jalanin hubungannya atau sama yang bener bener mutusin mau ke jenjang selanjutnya. Mending ngomong CINTA-nya pas lo sama dia udah pacaran dalam waktu yang lama dan siap buat serius ngejalin rumah tangga (Ciyeelah).

 

# First date di Restoran Mewah

– Nah, ketika baru aja jadi pasangan / jadian, cowo Jepang bakal ngajak pacarnya buat kencan pertama di Restoran Mewah. Kalo kencan selanjutnya sih boleh boleh aja jalan-jalan ke Mall atau nonton bareng

– Oke, kalo yang ini terserah deh mau kencan / jalannya kemana. Asalkan lo para cowo ngajak makan / jalan cewe ga pake duit ortu alias minta. Sebelom lo mau ngajak cewe jalan, mending lo nabung seminggu atau dua minggu sebelomnya ya. Jadi ga ngerepotin ortu. Kalo misalkan jalan tapi pake duit dari ortu, berarti yang pacaran ortu lo dong :V

 

# Gak ngejemput pasangan!

– Tradisi anter-jemput pasangan di Jepang sama di Indonesia itu ga sama. Soalnya di Jepang sebagian besar orang orang disana pake kereta buat sarana transportasi. Nah, pasangan disana lebih banyak ketemu distasiun daripada jemput kerumah. Gitu juga pas pulang, cowo ga bakal nganter cewenya nyampe rumah, mereka bakal misah distasiun. Kalo udah sampe rumah masing-masing si cowo bakal telpon / sms cewenya buat mastiin cewenya nyampe rumah dengan selamet.

– Ini nih yang mesti dicontoh. Gw ngedukung banget kalo buat yang kaya begini. Coba deh buat yang lagi pacaran, mulai sekarang biasain kalo mau jalan pake angkutan umum. Yang cewe jangan rewel terus minta dijemput, nah yang cowo juga jangan maksain kalo ga bisa jemput. STNKnya masih nama bokap / nyokap lo kan? Pengen banget deh gw nerapin cara kaya gini nanti kalo gw udah dapet pacar. (masih jomblo nih gw wkwk) *nyeka ingus*

# Ga ada istilah TRAKTIR / BAYARIN

– Kalo buat yang ini, emang musti harus kudu wajib dicontoh sama orang orang yang pacaran di Indonesia. Di Jepang tuh ga ada yang namanya cewe kalo makan DIBAYARIN sama cowonya, Ya kalo abis makan bayar sendiri sendiri. Kalopun si cewe dibayarin makan sama sicowo, di kencan berikutnya gantian si cewe yang bayarin si cowo. Impas kan?

– Ini yang gw suka dari gaya pacarannya orang Jepang, kalo lagi pacaran ga ada yang namanya TRAKTIR / DIBAYARIN. Emang sih niat kita baik mau bayarin/traktir si cewe kalo lagi jalan/kencan. Tapi kalo terus-terusan siapa yang tekor? pasti cowo lah. Nah, mending kalo mau jalan/kencan siapin ongkos masing-masing. Kan lo berdua belom terikat hubungan Rumah Tangga, jadi kalo ada anggapan “Kalo mau jalan, semuanya cowo yang bayar” itu salah. Statusnya kan masih PACARAN, jadi ga ada kewajiban buat si cowo traktir/bayarin cewenya.

 

# Ga ngenalin pacar ke Orang tua sampe lo berdua memutuskan buat Menikah

– Di Jepang, ngenalin pasangan ke Orang tua ga bakal dilakuin sampe bener-bener serius dan lo berdua mutusin buat Menikah.

– Hebat ya? Beda sama orang kita yang baru pacaran beberapa bulan aja udah mulai ngajak main kerumah dan ngenalin pasangan kita ke Orang tua. Kita kan ga tau, pacar kita sekarang bakal jadi pendamping hidup kita apa ngga.

 

Banyak hal-hal positif yang bisa lo semua ambil dari postingan gw kali ini. Semoga abis baca ini lo semua yang lagi pacaran jadi sadar atau ngga mau ngerubah cara pacaran lo sama pasangan lo, begitu juga buat yang baru mau pacaran (termasuk gw) haha.

thx!

30 Hal untuk Dilakukan Setelah Putus Cinta

Ahoy!

Buat post kali ini gw bakal ngebahas tentang yang namanya Putus Cinta. Haha, tadi gw baru aja baca artikel tentang ‘Hal apa yang harus lo lakuin abis putus cinta’. Nah setelah gw baca isinya menarik juga dan sekarang gw mau ngeshare artikel itu disini, tapi pake bahasa gw sendiri. Lumayanlah buat nambah postingan, hehe. Yuk disimak!

Satu hal yang wajib lo inget di akhir hubungan asmara adalah: seberapa buruknya kisah cinta lo, masih ada yang lebih buruk. Emang rasanya menyakitkan, tapi lo bukan satu-satunya orang yang pernah diputusin (atau mutusin) orang, kok.

Meski situasi putus setiap orang beda-beda, biasanya gejala yang dialamin setiap orang hampir mirip: gak tau gimana caranya menyetop kesedihan, pingin curhat tapi takut temen-temen bosen gara-gara lo udah curhat nonstop selama sebulan penuh (buset), dan ngerasa menderita saat punya waktu luang sendirian.

Jadi, berdasarkan survei dari artikel yang udah gw baca, gw bakal kasih ide buat lo mengenai aktivitas apa saja yang bisa lo lakuin di awal-awal masa putus cinta. Cekidot!

1. Buat daftar hal yang paling lo rinduin dari sang mantan, dan daftar hal yang gak akan lo rinduin dari doi sama sekali.

2. Buat playlist lagu galau dan sendu yang bisa bikin lo menangis bombay. (Nah lo, pasti punya banyak kan? ayo ngaku haha)

3. Terus, buat playlist yang isinya lagu-lagu yang sama sekali bukan tentang asmara. (Gw saranin dengerin lagu-lagu metal deh, ga ada asmara asmaranya tuh!)

4. Nah, pas lo sudah siap: ganti tuh status hubungan lo di Facebook.

5. Mumpung lagi di Facebook, coba deh liat-liat profil mantan, gebetan, sama temen-temen lama yang pernah menarik perhatian lo. Siapa tau dari mereka itu ada jodoh lo yang selanjutnya.

6. Punya foto album di Facebook isinya foto-foto lo sama mantan? Gak perlu dihapus, cukup di-hide saja. Kan siapa tau balikan lagi haha

7. Biarkan diri lo ngerasa sedih, tapi jangan berlarut-larut.

8. Biarin diri lo ngerasa marah, tapi tahan diri buat ga ngeluapinnya sama mantan. Tulis aja di notes di komputer dan simpen sendiri, daripada lo ngepublish di dunia maya pas masih emosi.

9. Hubungin temen-temen dan buat jadwal ketemuan. Pas lagi pacaran ga pernah ngeluangin waktu buat temen, kan?

10. Biarin temen ngecomblangin lo sama orang lain. Iseng-iseng saja, siapa tau jodoh :V

11. Terima aja ajakan kencan pertama yang lo dapet, meski lo ga ada rasa sama cowo/cewe tersebut. Pergi kencan dan ngahabisin waktu sama cowo/cewe lain bisa jadi pengalih perhatian buat sementara (dan siapa tau si dia cowo/cewe ini ternyata asyik).

12. Nonton di bioskop sendirian, traktir diri sendiri makan di restoran favorit, belanja sepatu sendiri — lakuin hal yang lo suka dalam sehari, sendirian. Inget, SENDIRIAN.

13. Buat daftar hal-hal apa aja yang banyak orang lakuin tapi lo belom berani. Terus lakuin hal-hal tersebut secara bertahap setiap minggu.

14. Kumpulkan benda-benda punya lo yang lo simpen cuma karna si mantan ga suka.

15. Buat jadwal acara jalan-jalan ke luar kota atau ke luar daerah buat mengunjungi keluarga / saudara / teman. (Kalo punya duit ya. Inget, jangan maksain ok)

16. Berangkat ke kantor, sekolah, kampus, atau ke tempat nongkrong dengan penampilan terbaik lo yang ngebuat lo ngerasa bahagia pas ngeliat diri sendiri di cermin. Ciyeelah~

17. Pergi ke luar pake pakaian yang mantan lo gak suka.

18. Udah lama pingin ganti potongan rambut tapi dulu pacar lo pingin lo rambutnya panjang aja? Sekarang waktunya buat coba gaya rambut yang sedang trend. Tapi kalo lo botak, ya jangan dipaksain ya, haha.

19. Lo merasa paling seksi pas lagi mengenakan atau melakukan apa? Do it! (FYI: kalo yang ini buat yang cewe aja ya)

20. Ikutin kegiatan fisik yang udah lama pingin lo ikutin (Yoga? Jogging? Kayang? Pole dancing?)

21. Tantang diri lo dengan ngelakuin sesuatu yang memacu adrenalin. Nyolong kerupuk diwarung gitu. MI SAL NYA.

22. Manfaatkan waktu luang yang lo punya untuk ngelakuin hal baik seperti nolongin nenek nenek nyebrang.

23. Baca buku dan nonton film tentang kisah percintaan yang tragis dan menyedihkan ( ini supaya lo inget ada banyak orang yang lebih buruk kondisinya daripada lo).

24. Tonton film lucu dan menghibur sambil ditemani es krim dan berbagai camilan lain, sendirian. Gw saranin nontonnya jangan nonton YKS ya.

25. Belajar bahasa asing baru lewat buku atau CD pelajaran. Biar pinter aja maksutnya, bukan buat ngelupain mantan.

26. Coba selesain TTS (teka-teki silang) di koran hari Minggu. Kalo engga maen monopoli sendirian.

27. Hubungin temen-temen dan rencanain satu hari atau satu malam buat ngelakuin hal yang gila dan seru.

28. Lakuin aktivitas yang lo suka tapi mantan lo dulu ga pernah mau ngelakuinnya.

29. Buat daftar mengenai hal-hal yang lucu dan bisa dijadiin bahan cengan/tertawaan dari hubungan lo sama mantan.

30. Terus ingetin sama diri lo sendiri: semua orang pernah putus, ga ada yang ngerasa menderita selamanya. Kegalauan ini akan hilang sendiri seiring waktu. Ciye~

Oh iya, ini saran terakhir gw nih. Kalo abis putus, jangan terlalu larut ya Galaunya. Inget, lo itu bukan Adem Sari.

Dadah~

i had to leave, just in time you had to go

  • D: you know sometimes i still think of ways to win you back, bcs i’d always kinda hoped that maybe, we’d, you know.. get back together and that….. but you know, when i heard that you’re with.. you know…..
  • (pause)
  • D: i know – i know – i know it’s the height of hypocrisy and i know– doin this isn’t gonna change anything.. or–or make anything better, but um..
  • (sigh)
  • D: i’d just– i’d settle for your respect.
  • (tempo decreased, lower volume)
  • D: you know, i’d settle for you smiling… when you thought about the time that we had together and not thinkin’ it was a waste of time..
  • (pause)
  • D: you know, i mean, i know i didn’t do you any favours back then, ok? i did a stupid, stupid, stupid thing.
  • (punchline)
  • D: but it was only because i thought that spoiling your day was better than ruining your life…. does that make any sense?
  • (closure)
  • D: i’m such an idiot.

 

    – ihcod