Buat yang Lagi Pacaran atau Yang Baru Mau Pacaran: Tiru Gaya Pacarannya Orang Jepang, Yuk!

Ditulisan kali ini, gw bakal ngebahas gaya pacarannya orang jepang. Yep, dijepang itu gaya pacarannya dari kenalan, pedekate, cara nembak, jadian, sampe mau janji sehidup semati (Ciyeelah) itu asik, unik, dan ga ngerugiin pasangan, cowo/cewe-nya. Beda sama di Indonesia, yang gaya pacarannya yang nyeleneh lah, dilebih-lebihin lah (baca: lebay), ngerugiin / nguntungin satu pihak, rewel minta anter-jemput – yaelah, ribet banget kan?

Nah, disini gw bakal jabarin gimana proses ngejalin hubungan orang jepang dari kenalan sampe mau nikah. Mungkin musti kita contoh juga nih, moga bermanfaat!

 

# Momen kokuhaku (Penembakan)

– Di Jepang, momen nembak cewe namanya Kokuhaku, biasanya sebelum menyatain cinta, si cowo bakal ngajak temen cewenya buat jalan rame-rame sama temen-temen lain. Nah waktu dalam perjalanan pulang dari jalan-jalan itulah, si cowo bakal nembak cewe yang dia suka.

– Kalo di Indonesia, biasanya kita para kaum cowo nembak pujaan hati tuh lewat pesan singkat atau SMS. Jujur, gw juga pernah nembak pake cara ini. Jatohnya sih cemen, masa ngungkapin perasaan pake sms? ga gentle, ye? Nah mulai sekarang coba deh biasain ngomong langsung sama dia tentang perasaan lo yang sebenernya. Jadi biar bisa jujur sama perasaan masing-masing.

 

# Ga bilang cinta, Cuma bilang suka

– Pasangan pacaran di Jepang gak pernah bilang Aishiteru (cinta) ke pasangannya. Mereka Cuma bilang Daisuki (suka banget) ke pasangannya. Soalnya, karna ungkapan aishiteru cuma diungkapin pria ke wanita kalo mereka udah memutuskan buat ngelanjutin hubungan ke jenjang pernikahan.

– Bedanya sama di Indonesia, baru pacaran aja udah ngomong CINTA. kalo buat yang ini sih gw belom pernah. emang sih kita pacaran didasarin sama yang namanya CINTA. Tapi CINTA-nya ini beda artinya kalo yang cuma mau pacaran dan jalanin hubungannya atau sama yang bener bener mutusin mau ke jenjang selanjutnya. Mending ngomong CINTA-nya pas lo sama dia udah pacaran dalam waktu yang lama dan siap buat serius ngejalin rumah tangga (Ciyeelah).

 

# First date di Restoran Mewah

– Nah, ketika baru aja jadi pasangan / jadian, cowo Jepang bakal ngajak pacarnya buat kencan pertama di Restoran Mewah. Kalo kencan selanjutnya sih boleh boleh aja jalan-jalan ke Mall atau nonton bareng

– Oke, kalo yang ini terserah deh mau kencan / jalannya kemana. Asalkan lo para cowo ngajak makan / jalan cewe ga pake duit ortu alias minta. Sebelom lo mau ngajak cewe jalan, mending lo nabung seminggu atau dua minggu sebelomnya ya. Jadi ga ngerepotin ortu. Kalo misalkan jalan tapi pake duit dari ortu, berarti yang pacaran ortu lo dong :V

 

# Gak ngejemput pasangan!

– Tradisi anter-jemput pasangan di Jepang sama di Indonesia itu ga sama. Soalnya di Jepang sebagian besar orang orang disana pake kereta buat sarana transportasi. Nah, pasangan disana lebih banyak ketemu distasiun daripada jemput kerumah. Gitu juga pas pulang, cowo ga bakal nganter cewenya nyampe rumah, mereka bakal misah distasiun. Kalo udah sampe rumah masing-masing si cowo bakal telpon / sms cewenya buat mastiin cewenya nyampe rumah dengan selamet.

– Ini nih yang mesti dicontoh. Gw ngedukung banget kalo buat yang kaya begini. Coba deh buat yang lagi pacaran, mulai sekarang biasain kalo mau jalan pake angkutan umum. Yang cewe jangan rewel terus minta dijemput, nah yang cowo juga jangan maksain kalo ga bisa jemput. STNKnya masih nama bokap / nyokap lo kan? Pengen banget deh gw nerapin cara kaya gini nanti kalo gw udah dapet pacar. (masih jomblo nih gw wkwk) *nyeka ingus*

# Ga ada istilah TRAKTIR / BAYARIN

– Kalo buat yang ini, emang musti harus kudu wajib dicontoh sama orang orang yang pacaran di Indonesia. Di Jepang tuh ga ada yang namanya cewe kalo makan DIBAYARIN sama cowonya, Ya kalo abis makan bayar sendiri sendiri. Kalopun si cewe dibayarin makan sama sicowo, di kencan berikutnya gantian si cewe yang bayarin si cowo. Impas kan?

– Ini yang gw suka dari gaya pacarannya orang Jepang, kalo lagi pacaran ga ada yang namanya TRAKTIR / DIBAYARIN. Emang sih niat kita baik mau bayarin/traktir si cewe kalo lagi jalan/kencan. Tapi kalo terus-terusan siapa yang tekor? pasti cowo lah. Nah, mending kalo mau jalan/kencan siapin ongkos masing-masing. Kan lo berdua belom terikat hubungan Rumah Tangga, jadi kalo ada anggapan “Kalo mau jalan, semuanya cowo yang bayar” itu salah. Statusnya kan masih PACARAN, jadi ga ada kewajiban buat si cowo traktir/bayarin cewenya.

 

# Ga ngenalin pacar ke Orang tua sampe lo berdua memutuskan buat Menikah

– Di Jepang, ngenalin pasangan ke Orang tua ga bakal dilakuin sampe bener-bener serius dan lo berdua mutusin buat Menikah.

– Hebat ya? Beda sama orang kita yang baru pacaran beberapa bulan aja udah mulai ngajak main kerumah dan ngenalin pasangan kita ke Orang tua. Kita kan ga tau, pacar kita sekarang bakal jadi pendamping hidup kita apa ngga.

 

Banyak hal-hal positif yang bisa lo semua ambil dari postingan gw kali ini. Semoga abis baca ini lo semua yang lagi pacaran jadi sadar atau ngga mau ngerubah cara pacaran lo sama pasangan lo, begitu juga buat yang baru mau pacaran (termasuk gw) haha.

thx!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s